Kamis, 30 Juli 2009

5. Isi Kolom isian berdasarkan data yang ada. Perhatikan tampilan layar kemudian Isi kolom-kolom seperti contoh berikut.

Your name : Muhammad Taufik Incoming mail server (POP3) : 10.10.1.7

E-mail Address : m_taufik@students.fti.yarsi.ac.id

Outgoing mail server (SMTP) : 10.10.1.7

User Name : m_taufik@students.fti.yarsi.ac.id@10.10.1.7

Password : boleh diisi atau boleh tidak

gambar : Kotak Dialog E-mail Accounts – Internet E-mail Settings (POP3)

  1. Klik tombol More Settings, kemudian klik tombol OK.
  2. Setelah itu klik tombol Finish, untuk mengakhiri program. Tampilan layar akhir progam.

gambar : Kotak Dialog E-mail Accounts – Finish

Ç kembali ke daftar isi

Penggunaan Microsoft Outlook

Bagaimana mengambil mail (check mail)

  1. Buka Microsoft Outlook
  2. Klik tombol Send and Receive, atau klik menu ToolsSend and Receive

Bagaimana membaca email yang masuk

Email yang masuk akan diletakkan di folder Inbox. Klik sekali folder Inbox, daftar surat akan diperlihatkan (biasanya dibagian samping kanan). Perhatikan tampilan berikut.

gambar : Tampilan Inbox pada Microsoft Outlook

Klik salah satu surat, maka isi surat tampil (biasanya dibagian bawah). Atau klik dua kali pada surat yang diinginkan, maka surat tersebut akan tampak dalam satu layar tersendiri.

Bagaimana membuat dan mengirimkan mail

  1. Buka Microsoft Outlook
  2. Klik tombol New Message
  3. Isikan email address tujuan pada kolom To:, jika ada lebih dari satu email address tujuan, tekan enter, kemudian ketikkan email address berikutnya.
  4. Pindahkan kursor pada kolom Subject: , kemudian ketikkan tema surat Anda
  5. Pindahkan kursor pada halaman pengetikan surat, dan mulai ketikkan surat Anda.
  6. Klik tombol kecil bergambar amplop untuk memasukkan surat kedalam Outbox. Atau dapat pula klik menu FileSend later (Jika anda sudah dalam keadaan terkoneksi dan langsung ingin mengirimkannya, klik menu FileSend message)
  7. Buat surat berikutnya jika perlu.
  8. Klik tombol Send and Receive.

Tips : Tombol Send and Receive akan mengambil mail yang ditujukan pada anda yang masih berada di mailbox anda di Indonet, dan jika masih ada mail yang belum dikirim di folder Outbox, maka mail tersebut akan dikirimkan juga. Jika anda sedang mengetikkan surat, dan terpaksa dihentikan sebelum selesai, maka jangan meletakkan di folder Outbox (jangan klik tombol kecil bergambar amplop), namun klik menu FileSave (kemudian File → Close). Maka surat anda akan dimasukkan ke folder Drafts. Dengan demikian anda bisa melanjutkan pengetikan surat dilain waktu, tanpa khawatir surat yg belum selesai itu akan terkirim.

Ç kembali ke daftar isi

Mengirim E-Mail dengan Menggunakan Attachment

Langkah-langkah yang digunakan untuk mengirim e-mail attachment adalah sebagai berikut:

  1. Klik tombol Start → All Programs kemudian klik Microsoft Outlook.
  2. Klik tombol New Missage.
  3. Isikan email address tujuan pada kolom To:, jika ada lebih dari satu email address tujuan, tekan enter, kemudian ketikkan email address berikutnya.
  4. Pindahkan kursor pada kolom Subject: , kemudian ketikkan tema surat Anda. Perhatikan tampilan berikut.

  1. Klik tombol Attachment (insert file berada disebelah tombol send) maka akan tampil layar sebagai berikut.

gambar : Tampilan Insert File – Attachment

  1. Kemudian double klik file (misal nama file yang akan dikirim:, memberi nama komputer) maka akan tampil layar sebagai berikut.

gambar : Tampilan File yang akan dikirim

  1. Klik tombol Send, maka file tersebut akan terkirim ke alamat yang Anda kirimkan.

Ç kembali ke daftar isi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar